AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys
Breaking News
Loading...

Objek Wisata di Kalimantan Dengan Berbagai Keindahannya (Bag 1)

Serunya Objek Wisata di Kalimantan


Kalimantan adalah pulau terluas di negara kita tercinta. Luasnya 544,150 km persegi, sekira 4 kali lipat luas pulau Jawa.  Dengan areal yang seluas itu tentunya potensi pariwisata Kalimantan sangatlah besar. Ditambah lagi dengan keanekaragaman budaya yang dimilikinya, dengan tinggal nya beberapa suku yang mendiami pulau yang disebut pula sebagai Borneo ini.

Kalimantan memang tidak sepadat pulau Jawa, alamnya pun bisa dikatakan tidak sesubur pulau Jawa yang banyak berdiri gunung-gunung berapi. Tanah kalimantan umumnya adalah tanah rawa, dan masih banyak hutan lebat di seantero Kalimantan, meskipun belakangan ini luas hutan itu semakin mengecil dikarenakan adanya penebangan secara liar. Meskipun hutan semakin gundul, hal itu tidak mengurangi keindahan objek wisata di Kalimantan.

Berikut beberapa objek Wisata di Kalimantan yang bisa anda nikmati ketika anda menginjakkan kaki di pulau ini.

Kalimantan Tengah 
  •   Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting, terletak di antara wilayah dua kabupaten di Kalimantan tengah, yaitu Kab Kotawaringi Barat dan Kab Seruyan. Taman nasional tanjung puting ini mempunyai luas total 415.000 Ha. Areal seluas ini merupakan taman perlindungan bagi spesies Orang Utan (pongo pygmaeus).

Kawasan ini dihuni beberapa jenis mamalia, diantaranya adalah mamalia langka yang dilindungi seperti Orang Utan, Bekantan,Uwa-Uwa, dan beruang madu. Selain dihuni oleh mamalia, areal ini juga merupakan rumah bagi Buaya Muara dan beraneka jenis burung yang dilindungi, seperti Sindang Lawe.

Akses ke Tanjung Puting dari pelabuhan Kumai, menggunakan kapal kelotok dan speedboat. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini adalah wisatawan mancanegara, antara lain dari Spanyol, Amerika, Kanada, Jerman dan wisman lainnya. Wisatawan yang datang ke sini akan disuguhi pemandangan Sungai sepanjang jalur perjalanan, feeding Orang Utan (orang utan diberikan makanan oleh pawang setempat dan dipanggil ke suatu tempat untuk disaksikan oleh wisatawan), treking di Camp Leakey dan juga anda bisa merasakan sensasinya menginap di Kelotok ataupun di lodge di tengah hutan.
kelotok yang digunakan wisatawan

Orang Utan, Penghuni TNTP

  • Taman Nasional Sebangau
Taman nasional Sebangau terletak di Kabupaten Katingan, Kalteng. Berada di kawasan seluas 5.300 Km persegi, taman nasional sebangau merupakan rumah bagi Orang Utan. Pada tahun 2003 diperkirakan sebanyak 6900 orang utan tinggal di sini.Selain itu Sebangau juga merupakan tempat bagi ratusan spesies burung dan beberapa jenis Ikan seperti Ikan Tapah.

  • Pantai Tanjung Penghujan
Pantai Bogam Raya
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata di Kalimantan yang berada di Kab Kotawaringin Barat. Pada masa penjajahag Belanda dahulu, pantai ini merupakan garis pertahanan para pejuang melawan penjajah Belanda, ini terlihat pada papan semacam penanda yang ada di kawasan pantai. Tempat ini merupakan spot favorit bagi para photographer dalam mengejar sunsrise dan sunset. Pantai ini meliputi kawasan Bogam Raya dan Keraya.

bersambung...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer